.

Search This Blog

Membangun Rumah 2 Lantai


TANYA

Saya mempunyai sebidang tanah berukuran 9 x 12 m2 (denah terlampir). Dalam waktu dekat ini saya merencanakan membangun rumah 2 lantai dengan perincian sebagai berikut:
  1. Garasi
  2. Teras
  3. Ruang tamu
  4. Ruang keluarga
  5. Ruang makan
  6. Dapur
  7. 2 kamar tidur (lantai 1)
  8. 1 kamar tidur (lantai 2)
  9. 1 kamar pembantu (lantai 2)
10.Gudang (lantai 2)
11.Ruang kerja (lantai 2)
12.Tempat cuci & jemur (lantai 2)
13.Kamar mandi (lantai 1)
Agar menghemat biaya, saya menginginkan tidak terlalu banyak perubahan di lantai 1. Saya ingin ruang keluarga yang luas dan ruang makan yang terbuka supaya sirkulasi udara tetap baik di rumah saya. Saya mohon sarannya dan terima kasih.
Ruth, Kediri (Jawa Timur)
JAWAB

Sdri Ruth,
Untuk memenuhi semua keinginan Anda, yaitu tidak terlalu banyak mengubah lantai 1, agak sulit. Sebab ruang di denah lama kurang terorganisasi dengan baik. Ukuran-ukuran ruangnya pun tidak bisa saya pakai untuk fungsi yang berbeda, sehingga perubahannya menjadi cukup banyak.
Bagian depan saya mundurkan hingga mencapai batas yang saya rasa cukup nyaman (tidak terlalu mepet dengan jalan). Garis tebal terputus-putus pada gambar menunjukkan denah rumah lama Anda.
Lantai dasar:
  1. Carport
  2. Teras
  3. Ruang tamu
  4. Ruang makan
  5. Dapur
  6. Ruang tidur 1
  7. Kamar mandi
  8. Ruang tidur utama
  9. Kamar pembantu
Lantai atas:
  1. Ruang keluarga
  2. Ruang tidur 2
  3. Ruang kerja
  4. Kamar mandi
  5. Cuci & jemur
  6. Gudang

Dapur untuk RSS

TANYA
Saya baru saja merenovasi rumah kecil. Rumah saya tipe RSS… sederhana sekali! Saat ini saya akan mengerjakan bagian dapur. Bisakah Bapak menolong saya untuk membuatkan denah yang sesuai beserta ukurannya?
Saya bukan tukang gambar yang bagus, saya harap gambar yang saya sertakan ini cukup jelas. Tinggi ruang dapur kurang lebih 3,25 m dan lebar tangga 60 cm. Ruang bawah tangga masih kosong. Ruangan B dan C terletak persis di atas dapur dan kamar tidur.
Apabila memungkinkan, dapatkah dapur tersebut sekaligus dipergunakan untuk masak, cuci piring, dan ruang makan? Apabila ada exhaust fan, di mana harus diletakkan? Bagaimana sebaiknya bentuk, warna, dan tinggi lantai RSS ini?
Terima kasih.
Andri Atmoko
andri@***.co.id
JAWAB
Sdr Andri,
Untuk dapur selebar 1,75 m, saya harus memindahkan pintu kamar mandi ke sisi sebelah kirinya, supaya ruang di bawah tangga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk dapur. Dengan lebar tangga yang “pas” 60 cm, maka saya membuatkan dapur di bawah tangga. Sebab, kalau sisi jendela dijadikan dapur, maka ruang dapur Anda akan habis. Apalagi tangga rumah Anda adalah tangga lurus, yang bagian bawahnya cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan menjadi dapur.
Untuk pertukaran udara, Anda bisa memasang kitchen hood (pengisap asap) di atas kompor, atau memasang exhaust fan di atas jendela dapur. Dari denah yang Anda berikan saya lihat ada pintu belakang. Saya mengasumsikan bahwa rumah Anda masih memiliki halaman belakang. Dengan demikian ventilasi dan udara dari exhaust fan bisa dialirkan ke halaman belakang tersebut.
Namun saya tidak bisa menambahkan ruang makan di ruang ini karena tempatnya sangat terbatas. Apalagi Anda tidak menyebutkan kapasitas ruang makan yang Anda inginkan (untuk berapa orang). Yang bisa saya sarankan adalah memanfaatkan salah satu pintu meja dapur Anda menjadi meja lipat. Dengan memasang engsel di atas dan memberi kaki, maka daun pintu bisa diangkat dan dijadikan meja racik atau sekaligus meja makan mini untuk dua orang.
Saya kurang mengerti maksud pertanyaan Anda mengenai bentuk, warna, dan tinggi lantai rumah; apakah itu untuk dapur atau seluruh rumah. Kalau yang Anda maksudkan warna keseluruhan rumah, maka pakailah warna yang terang, yaitu nuansa putih atau warna-warna pastel. Anda boleh saja menggunakan warna solid, tetapi hanya untuk aksen satu dinding kecil. Misalnya di dinding tempat Anda memajang benda-benda koleksi.
Permukaan lantai sebaiknya jangan dibuat naik turun, melainkan biarkan saja satu level. Paling-paling penurunan lantai bisa digunakan untuk kamar mandi. Demikian juga dengan pemilihan warna lantai, sebaiknya menggunakan warna-warna terang.
Nah, dengan mengoptimalkan ruang-ruang Anda yang terbatas, rumah RSS Anda tentunya menjadi nyaman. Anda bisa menyulap istilah RSS…SSS: Rumah Sangat Sederhana Sekali Sampai Saking Sederhananya Saudara-Saudara Saya Semua Segan Singgah Saking Sempit Sumpek dan Suram Sehingga Selonjor Saja Susah, menjadi Rumah Sangat Sederhana tapi berSahaja, Sehat, Segar, Sedap, dst…

Halaman Belakang untuk Area Servis

TANYA

Saya punya tanah berukuran 14 x 7,5 m2 (denah terlampir). Di bagian belakang rumah yang sekarang menjadi taman (ukuran 3 x 7,5 m2) rencananya akan saya bangun dapur. Kalau bisa sekalian dengan ruang cuci dan kamar pembantu. Untuk bagian depan rumah dan ruang-ruang lainnya saya tidak ingin ada banyak perubahan. Jika taman belakang tidak cukup untuk dijadikan dapur dll., rumah bisa ditingkat tetapi hanya menaikkan bagian belakangnya, sedangkan taman tetap dipertahankan.
Mohon saran, apakah lebih baik taman belakang dijadikan dapur, atau bagian belakang ditingkat. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Richard, Manggarai
JAWAB
Sdr Richard,
Untuk mengoptimalkan halaman belakang menjadi fasilitas servis seperti keinginan Anda, maka saya coba buatkan denah sebagai berikut:
Lantai dasar:
  1. Dapur
  2. Halaman (kalau Anda mau memanfaatkan halaman secara optimal, dinding ruang makan dan halaman bisa dibuka seluruhnya atau diberi pintu kaca lipat).
  3. Kamar mandi pembantu
  4. Ruang cuci
Lantai atas:
  1. Ruang tidur pembantu
  2. Ruang setrika
  3. Tempat jemur
Semoga membantu!  jika masih ada hal yang dirasa kurang, bisa berkonsultasi kepada kami. Kami juga menawarkan jasa desain dengan harga terjangkau (Rp.12.000 /m2) anda sudah bisa mewujudkan mimpi anda untuk memiliki rumah impian. silahkan hubungi (081311331282/08156089039)

0 comments:

Post a Comment