.

Search This Blog

Loading...

Rehab Rumah

Rehab rumah...???

Hal ini merupakan hal yang paling sering dilakukan untuk mempercantik rumah dengan menambah atau mengurangi beberapa bagian.
Beberapa hal sebagai alasan kita untuk merehab rumah :
  1. Keharusan, karena dalam konsep membangunan kita gunakan cara secara bertahap ( biasanya karena masalah biaya ) ;
  2. Usia bangunan
  3. Keinginan untuk Mengikuti perkembangan jaman
Ketiga hal inilah yang paling banyak menjadi alasan bagi sebagian orang untuk merehab rumah.
Bagaimana dengan anda ?



Berikut adalah sedikit TIPs dalam melakukan rehab rumah agar anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal

KONSEP AWAL
  • Konsultasikan terlebih dahulu sebelum mulai, anda bisa memperoleh dari Ahli yang ada ( konsultant ), atau anda dapat melihat berbagai informasi baik dari media cetak, elektronik dan internet untuk memperoleh gambaran apa yang akan anda lakukan terhadap rumah anda.
  • Untuk anda yang sekedar ingin mengikuti perkembangan jaman cukup anda melihat berbagai informasi baik dari media cetak, elektronik dan internet untuk memperoleh gambaran apa yang akan anda lakukan terhadap rumah anda. ( dengan konsultan lebih baik )
  • Rehab rumah karena Usia tentu lebih kompleks, untuk itu kami sarankan anda menemui ahlinya agar niat anda untuk merehab rumah tidak sia sia karena hasilnya bisa maksimal dengan pembiayaan yang minimal, hal ini terkait dengan kelayakan kondisi bangunan agar niat mau rehab salah salah malah bongkar total, tentu anda tidak mau ini terjadi.
  • Putuskan terlebih dahulu apakah anda mau sebatas mempercantik atau merubah tata ruang sebagian / keseluruhan
REHAB KARENA USIA BANGUNAN
  • ( disarankan memakai jasa tenaga ahli )
  • Penggunaan material lama sangat disarankan apabila memang kondisinya masih baik.
  • Bagi rumah yang masih pakai model lama ( tanpa struktur beton bertulang ) anda tidak perlu membongkar secara total bangunan yang ada, cukup dengan menambah struktur bangunkan tanpa perlu merobohkan dinding bata yang ada. ( dengan catatan kondisi Pondasi dan dinding masih layak )
  • Kebanyakan rumah type lama ( tanpa struktur beton bertulang ) menggunakan dinding 1 bata , anda tidak perlu risau karena kombinasi antara model dinding lama dipadu dengan kusen jendela / pintu model baru justru akan mempercantik rumah anda. ( tentu harus dengan bentuk dan penempatan yang tepat )
  • Bongkarlah bangunan anda secara bertahap agar bagian yang tidak perlu diganti tetap bisa dipakai dengan meminimalkan kerusakan akibat pembongkaran.

REHAB KARENA MENGIKUTI PERKEMBANGAN JAMAN
  • Untuk bagian ini khusus untuk anda yang punya selera tinggi ( karena tidak mau ketinggalan jaman dengan tetangga, "yang penting tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan anda" )
  • Sebagian besar mereka yang merehab rumah hanya sekedar untuk agar tidak dicap KUNO hanya dilakukan pada bagian luar bangunan, misalnya : teras rumah, listplank, kusen jendela / pintu depan dan penambahan taman depan.
YANG TERPENTING ANDA HARUS PUNYA KONSEP YANG JELAS SEBELUM MELAKUKAN REHAB, HAL INI TERKAIT DENGAN KONDISI RUMAH ANDA dan KONDISI KEUANGAN ANDA.

OK ! bagi anda yang ingin merehab rumah semoga tips tersebut berguna

0 comments:

Post a Comment