.

Search This Blog

Loading...

Pabrikasi Kuda - kuda Baja Ringan

Pabrikasi Kuda - kuda Baja Ringan

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa pengerjaan Rangka atap baja ringan adalah pekerjaan yang harus diselesaikan secara kolektif, pekerjaan ini melibatkan banyak pihak serta tahapan - tahapan yang perlu untuk di lalui sehingga memungkinkan banyak pihak untuk terlibat didalanmnya.

tahapan umum yang biasa dilaksanakan seperti yang telah dijelaskan pada tulisan lain dalam Blog kampus sipil ini yaitu; Penawaran, Pradesain,pengukuran lapangan, Final desain, dan eksekusi lapangan. pada proses akhir ini ada tahapan - tahapan perkerjaan yang harus dilakukan. tahapan yang di maksud yakni cutting list, pabrikasi, erection, dan pemasangan reng.

Pabrikasi kuda - kuda Baja Ringan disebut yang disebut juga sebagai perakitan kuda - kuda merupakan proses pemasangan semua elemen kuda - kuda seperti penyatuan web atau member pada batas atas dan batang  bawah sebelum tahap erection (pendirian kuda - kuda) di ring balok.

perakitan ini merangkaikan semua batang dan pemasangan aksesoris semacam diafragma plate pada batang kuda - kuda.sebelum tahap ini, bagian desainer akan mengeluarkan cutting list (draf panduan untuk proses pemotongan baja). dari draf ini bagian lapangan akan melaksanakan semua potongan. draf ini menuntun bagian lapangan pada proses perakitan.

pabrikasi kuda - kuda dilakukan dalam dua jenis. pabrikasi yang dilaksanakan di lapangan dan pabrikasi yang di laksanakan di workshop. kedua jenis pabrikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

pabrikasi dilapangan atau di lokasi proyek terdapat dua jenis yaitu pabrikasi yang dilakukan di bawah dan pabrikasi yang di lakuakn di atas bangunan. pabrikasi diatas biasanya dilakukan untuk kondisi tertentu ketika pabrikasi tidak bisa dilakukan di bawah, maka pabrikasi dilakukan di atas ring balok.

kelebihan pabrikasi di lapangan yaitu kemampuan untuk meminimalisasi masalah akibat kondisi ring balk yang tidak ideal, kuda - kuda yang pasang akan dengan sangat mudah di sesuaikan mengikuti kondisi lapangan. kekurangannya yaitu jika cuaca tidak menentu atau cuaca yang tidak memungkinkan maka pekerjaan bisa saja berhenti. misalnya hujang lebat. dll.

Sementara untuk pabrikasi Bajar Ringan yang dilakukan di wordshop masih bisa berlangsung tanpa dipengaruhi oleh cuaca, hanya saja rentan terhadapa ring balok atau kuda - kuda yang tidak ideal. begitu pula disaat mobilisasi dari workshop ke lokasi proyek akan mengalami kesulitan jika di angkut apalagi kuda - kuda dengan bentang 8 - 18 meter. maka biasanya kondisi seperti ini disiasati dengan memotong kuda - kuda menjadi beberapa bagian. namun masalah yang timbul kemudian adalah jika ada perbedaan antara orang yang melakukan pabrikasi dengan orang yang melakukan pemasangan di lapangan/diproyek. terkecuali jika di beri tanda artinya ada tanda yang memungkinkan kuda - kuda tidak salah pasangan, atau tidak salah ketika merangkai kembali kuda - kuda yang sebelumnya telah di potong itu.

Pabrikasi dilakukakan dimanapun pada dasarnya sama yaitu efisiensi, yang menentukan jenis pabrikasi ini ada di pihak produsen rangka atap baja ringan, artinya costumer tidak bisa menentukan pabrikasi sesuai dengan keinginannya. bertanya banyak dan memberikan informasi seputar lokasi proyek akan menjadi bahan penting sebagai pertimbangan produsen untuk menentukan jenis pabrikasi. apakah di lakukan langsung di lapangan ataukah di workshop. semoga ini bisa menjadi hal yang patut di perhatikan.

sumber refernsi : Rangka Atap Baja Ringan (Iden Wildensyah, M.Si)

0 comments:

Post a Comment