.

Search This Blog

Loading...

Desain Rumah 1 Lantai (1L001)

Desain rumah minimalis 1 lantai
 Kelengkapan : Desain Rumah 1 Lantai

Desain Rumah 2 Lantai (2L004)

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai


Kelengkapan : Desain Rumah 2 Lantai

Gambar Kerja Arsitektur

1.       Sketsa Awal.
Gambar ini adalah sketsa awal saat Anda konsultasi pertama kali yang berupa sketsa kasar bisa berupa free hands / gambar tangan & gambar CAD
2.       Gambar Pra Rencana.
Gambar ini meliputi :
  • Denah ( Lantai & Atap ).
  • Tampak / view ( Tampak Depan, Tampak Belakang, Tampak Samping Kanan+Kiri ).
  • Potongan ( Potongan melintang & membujur ).
  • Rencana Penempatan Kusen.
  • Perspektif / 3 Dimensi
3.       Gambar Struktural.
Gambar ini meliputi :
  • Rencana Pondasi.
  • Rencana Kolom Balok.
4.       Gambar Mekanikal – Elektrikal.
Gambar ini meliputi :
  • Rencana Titik Lampu.
  • Rencana penempatan stop kontak, AC, telepon, TV dan elektrikal lainnya.
5.       Gambar Sanitasi.
Gambar ini meliputi :
  • Rencana Instalasi Air Bersih.
  • Rencana Instalasi Air Kotor.
6.       Gambar Detail Arsitektural.
Gambar ini meliputi :
  • Rencana Plafond.
  • Rencana Pola Lantai.
  • Detail Kusen.
  • Detail Struktural.
  • Detail Kamar Mandi.

Gambar Desain Rumah Minimalis di Palangka Raya

Desain rumah minimalis berikut adalah desain rumah yang rencananya akan dibangun di Palangka Raya, Kalimantan. Desain rumah dengan konsep minimalis ini adalah permintaan desain dari Bapak Rommy Permana. Desain ini adalah desain renovasi rumah eksisting berlantai satu yang berada diposisi hook.
Desain Rumah Minimalis 1
Desain Rumah Minimalis2
Desain Rumah Minimalis 3

Tampak Rumah Eksisting
Untuk konsep, desain rumah minimalis ini tidak berbeda jauh dengan rumah minimalis kebanyakan yang memiliki desain yang simpel dan menampilkan elemen-elemen seperlunya. Garis-garis profilan yang dibuat simpel dipadu dengan bentukan kusan pintu dan jendela yang juga sederhana. Lubang ventilasi udara (looster) juga yang dibuat sesimpel mungkin.

Pada desain rumah minimalis ini, atap dibuat dominan dengan mengaplikasikan atap setengah kuda-kuda atau atap sandar. Bentukan railing pada balkon, juga dibuat dengan konsep minimalis seperti gambar desain rumah minimalis berikut ini. Sehingga menambah kesan sederhana itu sendiri.

Pada gambar potongan rumah, juga terlihat kolam ikan pada posisi belakang rumah sebagai sarana refreshing pemilik rumah. Tangga juga dibuat dengan konsep minimalis, dengan garis-garis lurus yang sederhana. Tetapi dalam kesederhaan tersebut, secara keseluruhan terdapat nilai keindahan tersendiri pada rumah ini. Demikian review singkat Rumah Desain 2000 atas Gambar Desain Rumah Minimalis di Palangka Raya. Bagaimana menurut anda?

Artikel: WANGI DI DEPAN, JOROK DI BELAKANG


Masuk ke sejumlah toilet umum seperti mengalami mimpi buruk. Toilet di beberapa terminal bus dan sejumlah gedung pemerintah sama kotornya. Inikah wajah kita? Wangi dan gagah di depan, jorok dan berbau di belakang.

Aroma pesing tercium 2 meter menjelang pintu masuk toilet. Aroma itu seperti prolog dari kisah horor yang bakal kita temui kemudian. Benar saja, toilet itu teramat kotor, air tak mengalir sempurna. Yang "sempurna" justru bau pesingnya!
Itu bukan toilet umum, melainkan toilet di lantai dasar pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) - lembaga berwibawa tempat orang mencari keadilan.
Seorang petugas keamanan yang tahu tamu tipikor tidak berselera dengan toilet tersebut menunjukkan toilet lain di lantai satu. Kata dia, kondisinya lumayan.
Astaga! Ternyata kondisinya lebih "horor". Ruang toilet untuk laki-laki dan perempuan sama-sama tak berpintu. Lantai dan klosetnya becek, saluran airnya penuh dengan tisu bekas, dan semprotan air (hand shower) untuk berbasuh telah rusak. Tamu itu pun memilih mengurungkan niat untuk buang air kecil dan pergi sambil menutup hidung.
Wartawan kantor berita Jepang Kyodo, Woro (37), yang sering meliput sidang korupsi di sana pun tak sudi menggunakan toilet tersebut. "Lebih baik saya menahan pipis daripada masuk toilet itu."
Di Gelora Bung Karno yang megah dan menjadi simbol kebesaran bangsa Indonesia, toiletnya setali tiga uang. Masuklah ke toilet pria di bawah Pintu 7 atau 9, tak satupun dari lima urinoir di sana yang dialiri air. Kalau ingin berbilas, anda harus beringsut untuk mengambil air di tong plastik. Toilet di pintu lain sama jeleknya.
"Bagaimana mau bersih, Pak, air tidak mengalir setiap hari," ujar penjaga toilet di Pintu 7. Sore itu dia baru saja membersihkan toilet di Pintu 7, tetapi dia tidak kuasa menghilangkan bau pesingnya.

Perilaku Pengguna
Toilet di kantor Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang biasa digunakan petugas, pengacara, terperiksa, ataupun keluarga tahanan agak mendingan. Petugas kebersihan siaga mengepel jejak kotor di lantai yang ditinggalkan pengunjung.
Yang jadi soal justru perilaku penggunanya. Seorang perempuan pegawai Bareskrim, misalnya melenggang begitu saja seusai membuang hajat. Dia tidak menekan tombol keran air untuk menggelontorkan kotorannya. Sang petugas jaga toilet ketiban sial harus membersihkan kotoran pegawai Bareskrim itu.
"Enggak lelaki, enggak perempuan sama saja perilakunya. Buang hajat lalu ngeloyor begitu saja," gerutunya.
Adab bertoilet kita memang masih memalukan. Baik kelas bawah maupun kelas atas sama buruknya. Mari kita mampir ke sebuah acara peragaan busana di hotel bintang lima di Jakarta. Para sosialita yang wangi dan menenteng tas mahal enak saja mengantre tepat di depan pintu toilet yang sedang digunakan. Mereka tidak peduli orang yang sudah mengantre di ujung pintu.
Pengunjung mal mewah juga seolah merasa tak berdosa mengotori toilet. Mereka kerap membuang tisu hingga pembalut ke dalam lubang WC sehingga WC mampat. Padahal, jelas-jelas terpampang tulisan besar "Dilarang membuang tisu dan pembalut ke lubang WC"! Kalu sudah begitu, penjaga toilet yang kena getahnya.

Keberadaban
Begitulah, toilet dan tabiat adab bertoilet kita menunjukkan level keberadaban, tanggung jawab pribadi, dan toleransi kita. Gerakan Toilet Higienis pernah mengadakan survei pertanyaan "Siapakah yang harus membersihakan toilet umum yang telah kita pakai?". Hampir semua responden menjawab, "Petugas kersihan!"
Mengapa bisa begini? Ketua Asosiasi Toilet Indonesia Naning Adiwoso menduga, rendahnya tanggung jawab dan toleransi pengguna toilet umum ada kaitannya dengan kebiasaan masa lalu masyarakat kita yang membuang hajat di kebun atau kali.
Cara buang hajat semacam ini tidak menuntut tanggung jawab untuk membersihkannya. Cukup plung...plung, selamat tinggal, nanti alam yang menghayutkan. "Kesadaran tak perlu bertanggung jawab selepasa buang hajat terbawa hingga sekarang," ujar Naning.
Kalau itu benar terjadi, sungguh mengherankan. Pasalnya kata Ida Bagus Gde Pujaastawa, dosen Antropologi Universitas Udayana, kebiasaan buang hajat di alam telah selesai satu-dua generasi yang lalu. Dia menduga ada faktor lain, yakni cara pandang masyarakat kita tentang pembagian ruang.
"Masyarakat kita mengenal klasifikasi ruang berdasarkan tingkat kesucian. Nah, toilet itu dianggap wilayah paling tak suci atau kotor," ujarnya.
Orang biasanya menempatkan toilet di bagian belakang rumah atau sudut yang tersembunyi. Karena itu, toilet diangggap tidak penting sehingga berperilaku jorok di dalamnya tidak masalah.
Aswata mengatakan, orang lebih fokus memoles bagian yang dianggap penting dan terdepan. Pkoknya, cantik di depan, tidak masalah jorok di belakang.
Bagi masyarakat yang tidak mengenal klasifikasi ruang berdasarkan tingkat kesucian, lanjut Aswata, toilet sama saja dengan ruangan lain, sama-sama bersih dan sehat. Toilet dibicarakan dan diteliti secara serius, terutama soal kebersihan dan kesehatannya. Dari situ lahirlah generasi toilet cerdas.
Ada toilet yang dirancang tanpa kontak tangan, toilet dengan sinar inframerah, hingga toilet multimedia yang memungkinkan orang buang hajat sambil nonton televisi, mendengarkan musik, atau berselancar dunia maya.
Bagaimana perilaku bertoilet Anda? Semoga bukan termasuk barisan kaum wangi, manis, dan gagah di depan, tetapi jorok di belakang.

Tulisan ini diambil dari Harian Umum Kompas terbitan tanggal 25 Maret 2012 yang ditulis oleh Budi Suwarna & Sarie Febriane

SNI 2008 Tata cara perhitungan harga satuan konstruksi bangunan gedung dan perumahan


Jenis Pekerjaan :
  • SNI 3434_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan kayu untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 2835_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan tanah untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 2839_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan langit langit untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 7393_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan besi dan aluminium untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 7394_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 2837_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan plesteran untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 6897_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan dinding untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 2836_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan pondasi untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan
  • SNI 7395_2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan penutup lantai dan dinding untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan

Mengekspos Material Unfinished


Sebagian Orang menganggap bangunan rumah yang masih memperlihatkan susunan bata merah sebagai bangunan yang belum selesai. Belum di-finishing, begitu istilahnya. Namun justru itulah bentuk akhr dari rumah mereka.


JANGAN TAKUT BERKREASI


Dalam menerapkan konsep ekspos, sebenarnya pilihan material tidak hanya terbatas pada batako,bata merah, ataupun lapisan caprut semen, namun hampir seluruh material, seperti roster, hebel, kayu, besi dan berbagai material lainnya dapat dibuat dengan konsep unfinished. Selain itu, dalam menghadirkan konsep ekspos dari material unfinished, jangan takut untuk berkreasi dengan material yang ada. Kita dapat memadukan berbagai material dalam satu dinding, misalnya memadukan dinding ekspos dengan dinding bercat, sehingga tampilan rumah tetap menarik tanpa mengurangi tampilan eksotisnya. sebaiknya tidak mengaplikasikan konsep material unfinished ini keseluruh dinding dirumah, karena akan membuat rumah terlihat sumpek.


UNTUK DANA TERBATAS


Keuntungan mengekspos material unfinished pada bangunan interior rumah, salah satunya memang dapat menekan biaya pembangunan rumah. seperti kita ketahui pada umumnya rata-rata hampir 1/4 dana pembangunan rumah terserap untuk biaya finishing. dengan mengekspos material unfinished kita dapat menghemat hingga 25% daripada melakukan finishing lagi.
Selain itu dengan konsep ekspos ini waktu penyelesaian pengerjaan bangunan rumah juga bisa lebih cepat.


Semoga membantu! jika masih ada hal yang dirasa kurang, bisa berkonsultasi kepada kami. Kami juga menawarkan jasa desain dengan harga terjangkau (Rp.12.000 /m2) anda sudah bisa mewujudkan mimpi anda untuk memiliki rumah impian. silahkan hubungi (081311331282/08156089039)

Denah Rumah Ukuran 10 x 10 m

Rumah dengan ukuran 10 x 10 m, dengan variasi tata ruang dan atap bisa dipakai sebagai alternatif dalam melakukan pembangunan rumah dengan ukuran bujur sangkar.
Design atap bisa disesuaikan selera dan kebutuhan dengan berbagai variasi.
( gambar dibawah hanya sebagai salah satu contoh variasi yang bisa dilakukan)

DENAH RUMAH

RENCANA TAMPAK DEPAN

Gambar rumah mungil di Tangerang

Gambar rumah mungil dibawah ini adalah desain rumah yang diminta oleh klien kami yang rencananya akan dibangun di daerah Tangerang. Rumah milik bapak Warjo ini berukuran 3x8. Memang cukup kecil, akan tetapi bukan tidak mungkin untuk dibuat rumah yang nyaman untuk ditinggali. Dengan sedikit penyesuaian dan imajinasi, pasti akan ada jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut.
gambar rumah mungil
Tampak Rumah Mungil
gambar rumah mungil
Potongan Rumah Mungil
Gambar rumah mungil berlantai 2 ini terdiri dari beberapa ruangan antara lain: Ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi/wc pada lantai dasar. Pada lantai atas gambar rumah mungil ini terdapat 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur, ruang sholat, balkon dengan ukuran mini tentunya. Tetapi dibuat sedemikian rupa agar layak untuk ditinggali.

Untuk tangga naiknya dibuat sebisa mungkin agar dapat meminimalkan lahan, agar dapat digunakan atau difungsikan untuk ruangan lain. Jadi konsep desain gambar rumah mungil ini adalah dengan memaksimalkan lahan yang ada agar dapat difungsikan sebagaiman mestinya. Dengan kata lain minimalis dalam arti sebenarnya.

Untuk fasadnya, gambar rumah mungil ini dibuat agar tidak terlalu rumit. Selain karena ukurannya yang kecil, penggunaan profilan yang berlebih juga akan menambah kesan kecil. Jadi untuk tampak, memang dibuat agar sesederhana mungkin dengan menggunakan profilan-profilan kecil. Demikian juga pada bentukan kusen pintu dan jendela yang dibuat simpel.

Demikian review singkat Rumah Desain 2000 pada Gambar Rumah Mungil yang berlokasi di Tangerang diatas. Bagaimana menurut anda?

Desain Cafetaria di Kuningan Jakarta

Desain Cafetaria dibawah ini adalah konsep desain cafeteria milik Danone yang berlokasi di gedung Cyber 2, Kuningan Jakarta. Desain yang diminta oleh Mr. Samy ini merupakan desain renovasi cafeteria lama yang terkesan sempit dan hanya menampung sedikit karyawan Danone. Oleh karena itu Rumah Desain 2000, ditugaskan untuk membuat Cafetaria ini terkesan lebih luas dan menampung lebih banyak karyawan Danone.

gambar desain cafetaria
Desain Cafetaria1
gambar desain cafetaria
Desain Cafetaria 2
gambar desain cafetaria
Desain Cafetaria 3
Untuk konsep Desain Cafetaria ini dikerjakan oleh Lugas, salah satu desainer Rumah Desain 2000. Konsep desainnya terkesan elegan, dengan paduan warna cream serta aksen kayu pada dinding cafeteria. Seperti desain minimalis pada umumnya, garis-garis sederhana pada dinding membuat desainnya terkesan simple tetapi tetap enak untuk dipandang mata.

Eternit atau plafond juga tidak lepas dari perubahan desain. Penggunaan motif pada langit-langit juga menambah kesan dinamis pada Desain Cafetaria ini, jadi tidak terlalu terkesan monoton. Untuk memperkuat kesan dinamis, pada beberapa sisi dinding Cafetaria juga diberi warna kontras sehingga membuat desain ini terlihat segar.

Pada tampak depan Desain Cafetaria ini juga mengalami perubahan dari bentuk eksistingnya. Antara lain dengan konsep cafetaria yang terbuka, jadi tidak diaplikasikannya pintu engsel pada desain ini. Tetapi dengan menggunakan Rolling door, sehingga pintu hanya akan ditutup saat Cafetaria ini tidak beroperasi. Demikian Review Rumah Desain 2000 atas Desain Cafetaria di Kuningan Jakarta. Bagaimana menurut anda?

Desain Tempat Tidur Unik


Bismillah
, Dibawah ini kami tampilkan koleksi berbagai gambar, model, contoh dan desain dari rumah minimalis, semoga membantu anda dalam menetukan perencanaan Anda dalam membangun atau merenovasi sebuah rumah, semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa sharing, agar blog ini semakin bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.


Desain Tempat Tidur Facebook
Kreasi orang modern jaman ini, semakin hari semakin inovatif, buktinya seorang desainer bernama Tomislav Zvonarik, berhasil menciptakan desain tempat tidur yang cukup unik. Desain tempat tidur unik itu berbentuk huruf f dan persis seperti huruf f dalam logo Facebook, makanya desain tempat tidur ini dinamakan FBed. Nah anda terinspirasi dari desain ini. Silakan kembangkan inovasi anda.




Rumah Minimalis

Denah Rumah 2 Lantai, Ukuran lahan 10 x 11 m

Ukuran tanah yang sempit dan berbatasan langsung dengan rumah tetangga tanpa ada ruang yang cukup untuk ruang terbuka merupakan permasalahan yang paling banyak terjadi, penataan ruang yang baik adalah dengan menata jendela/ventilasi agar cukup cahaya serta adanya sirkulasi udara didalam ruang.
Penempatan taman belakang/samping merupakan salah satu alternatif untuk memperoleh adanya ruang terbuka sehingga cahaya dan sirkulasi udara cukup bagi ruangan.

DENAH LANTAI 1

DENAH LANTAI 2

TAMPAK DEPAN - TAMPAK BELAKANG

TAMPAK SAMPING KIRI - TAMPAK SAMPING KANAN
Ukuran tanah 10 x 11 m
Bagian samping kiri kanan dan belakang berbatasan langsung dengan rumah tetangga.
Bagian depan berbatasan dengan jalan.

Renovasi Bangunan Klinik di Jakarta Timur

Gambar Renovasi Bangunan Klinik
Bangunan Klinik 1
Gambar Renovasi Bangunan Klinik
Bangunan Klinik2
Renovasi bangunan klinik pada gambar diatas adalah permintaan dari Bapak Agus. Rencananya bangunan klinik yang berlokasi di jakarta timur ini, akan ditambah tempat rawat inap pada posisi sebelah kanan bangunan eksisiting. Lokasi bangunan ini tepatnya berada di dekat tempat rekreasi TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Untuk perubahan pada renovasi bangunan klinik ini, hanya terletak pada penambahan ruangan pada lantai atas bangunan eksisiting. Fungsi ruangan ini, seperti dijelaskan diatas adalah untuk fasilitas ruang rawat inap pasien. Sehingga dapat memudahkan pasien yang harus melakukan pengobatan rawat inap.

Pada desain renovasi bangunan klinik ini hanya menyesuaikan dengan fasad bangunan eksisting yang ada (yang diberi warna abu-abu). Hal ini agar sesuai dengan fasad bangunan eksisiting tanpa mengurangi nilai ekonomisnya. Penggunaan atap beton pada desain renovasi bangunan klinik ini juga bermaksud sama, yaitu agar sesuai dengan fasad eksistingnya.

Penambahan railing pada renovasi bangunan klinik ini juga dimaksudkan untuk menambah nilai estetikanya, selain fungsi utama sebagai batas keamanan pada lantai atas. Pada lantai atas juga terdapat taman kecil didepan ruang rawat inap yang berfungsi sebagai sarana relaksasi pasien klinik ini. Demikianlah review singkat Rumah Desain 2000 atas Renovasi Bangunan Klinik di Jakarta Timur diatas. Bagaimana menurut anda?

Link Download


Semenjak ada kasus megaupload, sepertinya server layanan penyimpanan data online, merubah beberapa "aturan main" untuk penggunanya. tidak terkecuali ziddu, yang digunakan "Rumah Desain" sebagai tempat penyimpanan data.


Kaitannya terhadap hal tersebut, untuk saat ini, semua link download di "Rumah Desain" mungkin akan tidak berfungsi dengan baik. Saya selaku pemilik blog, meminta maaf

Rumah Minimalis 2012

Bismillah, Dibawah ini kami tampilkan koleksi berbagai gambar, model, contoh dan desain dari rumah minimalis, semoga membantu anda dalam menetukan perencanaan Anda dalam membangun atau merenovasi sebuah rumah, semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa sharing, agar blog ini semakin bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.


Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis 2012


Rumah Minimalis adalah salah satu dari sekian banyak desain rumah yang saat ini sangat digemari kalangan para keluarga indonesia. Tidak hanya di indonesia desain rumah minimalis 2012 ini disukai, masyarakat luar pun sangat menyukai desain ini. Memang dalam konsep seringkali berbeda, namun suasana minimalis sangat kentara dikarenakan konsep dasar desain rumah minimalis itu ada. Yakni desain yang simple, tanpa banyak ornamen, penataan dan banyak faktor yang menentukan.
Rumah Minimalis