.

Search This Blog

Loading...

Alat Transportasi



Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Gambar Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Gambar Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Defenisi Alat Transportasi

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasidigunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasisendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udaramerupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya

Macam- Macam Alat Transportasi di Indonesia

Alat Transportasi Darat

Alat Transportasi Darat di Indonesia sangat banyak mulai dari beroda dua, tiga, dan empat. Untuk alat transportasi beroda dua yaitu Motor dan sepeda, yang beroda tiga yaitu Bajaj,Bemo,becak dll. Sementara yang beroda empat yaitu Mobil dengan katagori, Angkot, Busway, Bus, Pick Up, Truk, dll.
Ada juga Alat transportasi tranportasi tradisional Indonesia yaitu Bendi/Delman dengan menggunakan Kuda sebagai penggerak dan di daerah pedesaan yang tidak memiliki kuda biasanya ada alat transportasi gerobak dengan menggunakan Sapi sebagai penggerak.

Alat Transportasi Laut

-          Kapal

Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut (sungai dsb)[1] seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci. Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.

Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang berukuran lebih besar yang dinamakan kapal. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampau menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang digunakan bangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat. Untuk penggeraknya manusia pada awalnya menggunakan dayung kemudian angin dengan bantuan layar, mesin uap setelah muncul revolusi Industri dan mesin diesel serta Nuklir. Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane. Serta kapal yang digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.

-         Feri

Kapal feri atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat. Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong.

-          Sampan

Sampan adalah sebuah perahu kayu yang memiliki dasar yang relatif datar, dengan ukuran sekitar 3,5 hingga 4,5 meter yang digunakan sebagai alat transportasi sungai dan danau atau menangkap ikan. Sampan dapat mengangkut penumpang 2 - 8 orang, tergantung ukuran sampan. Sampan ada kalanya memiliki atap kecil dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal permanen di perairan dekat darat. Sampan biasanya tidak digunakan untuk berlayar jauh dari daratan karena jenis perahu ini tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi cuaca yang buruk

Alat Transportasi Udara

Sedangkan untuk transportasi Udara yaitu Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Kata Pencari Alat Transportasi di Google Search

alat transportasi,alat transportasi mobil,jenis alat transportasi,alat transportasi tradisional dan modern,alat transportasi modern,gambar alat transportasi,macam-macam alat transportasi,alat transportasi tradisional,alat transportasi darat,foto alat transportasi,alat transportasi udara,alat transportasi laut,alat-alat transportasi,alat transportasi Indonesia,perkembangan alat transportasi,pengertian alat transportasi,alat transportasi air,sejarah alat transportasi,alat transportasi jepang,penemu alat transportasi,alat transportasi kuno,alat transportasi umum,alat transportasi adalah,alat transportasi bus,alat transportasi padatan

Baca juga Artikel Lain Tentang :



0 comments:

Post a Comment