.

Search This Blog

Loading...

Desain Ruko 2Lantai

Desain Ruko 2Lantai






Desain Ruko Minimalis 2Lantai : Cipondoh Tanggerang

Desain ruko tersebut mengusung tema minimalis kentalnya trend tersebut pada dekade ini membuat pak johan sang pemilik sangat ingin mewujudkan pada rumah tinggal yang berfungsi juga sebagai kantor pada lantai ground. Nilai Plus pada ruko ini terletak pada letak tanah yang memanjang sehingga mempunyai 2orientasi fasade yang berbeda namun tetap satu konsep yakni modern minimalis
Kerjasama team yag solid sangat memudahkan proses desain ruko ini karena selain owner yang kooperatif team juga dapat dengan sangat mudah mendapatkan referensi2 konsep minimalis yang sudah sangat menjamur pada bangunan rumah tinggal ataupun ruko (rumah toko).

Contoh Desain Kamar Tidur: WARNA PADA KAMAR TIDUR

Seperti apa jadinya nanti sebuah kamar tidur sangat ditentukan oleh warna yang digunakan dalam kamar tidur tersebut. Baik itu warna untuk dinding kamar maupun warna furniture ataupun warna benda lain didalamnya. Suasana yang ditimbulkan oleh warna akan mempengaruhi emosi penghuninya. Jadi ada baiknya kita menyesuaikan warna kamar tidur sesuai dengan tingkat emosi penghuninya yang dapat kita ukur berdasarkan usia. Toh, dalam membuat kamar tidur kita pun selalu mengklasifikannya dengan kamar tidur utama (orang tua) dan kamar tidur anak.
Warna Kamar Tidur Utama
Warna pada kamar tidur utama cenderung berusaha agar suasana yang akan dimunculkan adalah suasana yang hangat, romantis, intim dan kekeluargaan. Pada umumnya warna yang menjadi pilihan utama adalah warna netral seperti putih, krem, abu-abu, coklat muda, ungu muda dan lainnya. Pada gambar ini nampak warna yang dipilih adalah warna putih, abu-abu dan coklat.


Warna Kamar Tidur Anak Remaja



Anak remaja yang sudah beranjak dewasa biasanya mempunyai emosi yang sudah mulai tenang dibanding anak yang berada dimasa puber. Dan mereka sudah bisa menentukan warna apa yang mereka senangi. Yang perlu dicermati adalah remaja putri beda keinginan suasana kamar tidurnya dari pada remaja putra. Warna hijau, pink muda atau warna-warna peach lebih disukai oleh remaja putri, sedangkan warna biru banyak diminati oleh remaja pria.

Warna Kamar Tidur Anak Balita Sampai 12 Tahun


Untuk mewarnai dinding kamar tidur balita sampai 12 tahun, gunakanlah warna-warna yang cerah pada kamar tidur anak pada usia ini. Hal ini diharapkan akan memberikan suasana ceria pada si anak. Seperti yang diketahui bahwa warna cerah dapat mempengaruhi gerak motorik dan membantu perkembangan otak serta meningkatkan kreatifitas anak. Warna pink adalah pilihan utama, terutama sekali untuk anak perempuan. Tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan warna primer seperti merah, biru, kuning yang biasanya dicatkan pada kamar anak laki-laki.

Sumber diambil dari: bedroomdesign



Rumah Sederhana Desain Minimalis Pedesaan

Bismillah, Dibawah ini kami tampilkan koleksi berbagai gambar, model, contoh dan desain dari rumah minimalis, semoga membantu anda dalam menetukan perencanaan Anda dalam membangun atau merenovasi sebuah rumah, semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa sharing, agar blog ini semakin bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.




Setelah sekian lama memposting tentang artikel desain rumah minimalis modern, kali ini kita beralih kepada desain rumah minimalis sederhana bertemakan pedesaan. Konsep desain rumah seperti ini sepertinya sangat unik bila diterapkan di daerah perkotaan, apalagi di kota, desain rumah minimalis sudah didominasi dengan desain-desain yang hanya "itu-itu" saja. Desain rumah sederhana minimalis pedesaan ini juga tidak kalah saat disandingkan dengan desain rumah minimalis modern. Kesan keren dan "beda" bakal menjadi daya tarik masyarakat sekitar untuk melihat desain rumah anda, berani untuk menjadi trendsetter, siapa takut !
Rumah Minimalis

Awal Ramadhan 1433H ditetapkan Sabtu 21 Juli 2012

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa Ramadhan 1433 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012.
Keputusan tersebut merupakan hasil sidang itsbat yang berlangsung di auditorium Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No.6, Jakarta, Kamis (19/7) petang.

Berikut Selengkapnya Keputusan Menteri Agama Tentang Penetapan tanggal 1 Ramadhan 1433 H :

Penetapan tanggal 1 Ramadhan 1433 H - 1

Penetapan tanggal 1 Ramadhan 1433 H - 2

Penetapan tanggal 1 Ramadhan 1433 H - 3

Penetapan tanggal 1 Ramadhan 1433 H - 4

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1433 H

Mengatasi Rumah Lembab


Mengukur Kelembaban Rumah


Udara yang lembap disebabkan karena adanya jumlah air yang cukup banyak dalam kandungan udara. Ukuran yang normal untuk kelembapan udara adalah 60%-70% RH. Untuk mengukur kelembapan udara, alat yang digunakan adalah hygrometer. Untuk memastikan apakah udara dalam rumah lembap, Anda dapat menggunakan alat ini.


Akibat Rumah Lembab

Udara yang lembap akan menjadi tempat favorit perkembangbiakan jamur. Akibatnya, hal-hal merugikan yag dapat timbul, yaitu:
  • Suasana dalam rumah terasa panas.
  • Berbagai isi rumah yang terbuat dari rumah lebih cepat lapuk. Kayu sangat rentan terhadap udara lembap yang dapat menyebabkan kelapukan. Pada rumah yang lembap, perabot dari kayu seperti meja, kursi, lemari atau pintu dan jendela lebih cepat lapuk dan rusak.
  • Merusak foto, surat-surat atau lukisan. Dapat tumbuh jamur pada benda-benda tersebut yang akan membuatnya rusak.
  • Peralatan elektronik juga menjadi cepat rusak karena timbulnay jamur pada bagian adalam elektronik.
  • Tembok rumah yang terlihat kotor dan tidak menarik akibat tumbuhnya jamur. Atau juga pada plafon yang meninggalkan bekas seperti bekas aliran air.
  • Dapat mengganggu kesehatan penghuni rumah. Batuk atau alergi adalah beberapa yang mungin saja disebabkan karena perkembangbiakan jamur pada rumah yang lembap.


Penyebab Rumah Lembab

Suatu rumah menjadi lembap bisa karena beberapa hal, di antaranya:
  • Sirkulasi yang tidak baik. Tidak adanya pertukaran udara yang baik, menyebabkan udara dalam rumah bertambah kandungan airnya.
  • Kebocoran pada instalasi air atau saluran pembuangan air.
  • Atap yang bocor. Akibat genting bocor yang menyebabkan air hujan masuk dapat membuat udara menjadi lembap.
  • Penampungan air yang cukup banyak di rumah. Kolam atau bak mandi adalah beberapa tempat yang menampung air. Ini dapat meningkatkan jumlah kandungan air di dalam rumah lebih tinggi.


Mengatasi Rumah Lembab

Untuk mengatasi udara yang lembap dalam rumah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Perbaiki sumber kelembaban

    Hal yang paling utama adalah mengetahui terlebih dahulu, apa penyebab udara dalam rumah menjadi lembap. Apakah karena adanya kebocoran atau sirkulasi yang tidak baik. Mengetahui penyebabnya secara pasti, membantu mencegah terjadinya kerusakan kembali pada tembok atau plafon yang sudah diperbaiki.
  • Memasang Exhaust Fan

    Sesuai fungsinya, exhaust fan dapat membawa udara dari dalam ruangan ke luar ruangan. Hal ini dapat membuat adanya sirkulasi dalam rumah dan mengeluarkan udara lembap dari dalam rumah.
  • Kipas Angin pada Langit-Langit

    Kipas angin akan membuat perputaran angin dalam rumah dengan lebih baik dan mengurangi jumlah air yang terdapat dalam udara di dalam rumah.
  • Memakai Kapur Serap Air

    Anda dapat membeli kapur jenis ini di toko atau supermarket. Kapur ini berfungsi menyerap kadar air yang ada di dalam udara. Menggunakan kapur ini harus diganti secara periodic karena air yang diserap akan tersimpan di bagian dalamnya. Jika sudah penuh, kapur ini tidak bisa menyerap air lagi sehingga perlu yang baru.
  • Menggunakan Dehumidifier

    Sebuah alat yang dirancang untuk menghilangkan udara lembap. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan udara lembap yang kemudian diubah menjadi udara dingin, sehingga menghasilkan udara yang lebih baik.
Semoga membantu! jika masih ada hal yang dirasa kurang, bisa berkonsultasi kepada kami. Kami juga menawarkan jasa desain dengan harga terjangkau (Rp.12.000 /m2) anda sudah bisa mewujudkan mimpi anda untuk memiliki rumah impian. silahkan hubungi (081311331282/08156089039)

sumber : http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/44-tips/383-mengatasi-rumah-lembap.html

Gaya Minimalis


Trend Gaya Minimalis
Di dunia arsitektur akhir akhir ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. Hal ini tentu saja tak lepas dari perkembangan tehnologi informasi dan bahan bangunan yang kian berkembang pesat.
Kita bisa mendapati berbagai jenis desain rumah bernuansa simple dan elegan yang lebih menonjolkan seni permainan bidang dengan sentuhan gaya dan trend yang berkembang di masyarakat dewasa ini, dan telah mengeser trend pendahulunya yaitu arsitektur bergaya klasik dan mediterania yang pernah berjaya di era 80an.

Desain minimalis yang mengusung serba praktis yang sesuai masing masing individu di era sekarang ini merupakan Trend dan gaya hidup masa kini yang sudah menjadi suatu keharusan sesuai perkembangan jaman, kita semakin menyadari bahwa peran desain dan arsitek sangat berpengaruh bagi keindahan desain rumah kita. Design interior rumah bergaya minimalis adalah yang perkembangannya sangat pesat akhir-akhir ini. Biasanya kalangan yang tertarik untuk menggunakan gaya desain rumah minimalis adalah dari mereka yang masih berjiwa muda. Para eksekutif muda menyukai gaya desain rumah minimalis, karena gaya yang ini dipandang praktis dan dapat mewakili gaya hidup modern mereka.
Sebenarnya, gaya desain rumah minimalis bukanlah sebuah gaya arsitektur saja, namun dibalik itu, gaya ini memiliki jawaban atas tantangan jaman yaitu mendapatkan ‘hasil maksimal dari sesuatu yang minimal’. Bisa jadi ini merupakan dana pembangunan yang minim, atau gaya hidup yang diminimalkan. Seringkali gaya ini dipakai karena keterbatasan dana, namun menjadi sangat menarik karena dengan keterbatasan ini kita masih dapat mengikuti mode trend arsitektur terkini.
Gaya desain rumah minimalis design interior rumah pada intinya merupakan suatu jawaban atas keadaan yang dicetuskan oleh orang-orang yang menganut paham minimalisme sebagai protes atas keadaan masyarakat yang tidak menghargai sumber daya alam dengan mengeksploitasi habis-habisan sumber daya alam untuk hal-hal yang tidak perlu dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan minimalisme(design interior rumah) ini merupakan gerakan ‘back to basic’ atau kembali kepada kesederhanaan, konon gerakan ini timbul di Amerika yang merupakan suatu hal yang dapat dianggap positif dari suatu gerakan jaman modern

Atap Dengan Konstruksi Baja Ringan Dan Genteng Metal


Sesuai dengan namanya, material ini juga sangat ringan, ini adalah solusi atap yang tepat untuk mengkampanyekan GO GREEN karena telah mengurangi pemakaian kayu yang mengakibatkan maraknya penebangan liar. Adapun bobotnya per meter persegi hanya sekitar 12 kg dibandingkan dengan rangka kayu yang berbobot sekitar 40 kg/m2.
Walaupun ringan tapi anda tidak perlu khawatir karena material berbahan baku zincalume atau galvalume ini daya tahannya lebih unggul dibandingkan material kayu. Selain itu kecepatan dalam perakitan (20-30 m2/hari) dengan tenaga kerja yang lebih sedikit akan memberikan nilai ekonomis sehingga dapat menekan biaya pembangunan.
Biaya per meter persegi jika ingin merenovasi atap dengan material baja ringan juga sangat tergantung kualitas dan merek dagang material ini di pasaran, kisaran harganya antara 110 ribu – 180 ribu per m2. Jika dibandingkan dengan harga kayu yang tahan rayap tentunya harga baja ringan ini relatif murah karena anda harus mencari kayu dengan kualitas kelas I yang sangat mahal.
Pengerjaan konstruksi atap baja ringan ini membutuhkan keahlian khusus, sehingga praktisnya anda dapat menghubungi beberapa aplikator baja ringan untuk dapat membandingkan harga serta kualitasnya. Anda cukup menyerahkan desain arsitektur dari bangunan anda atau mengundang aplikator tersebut untuk mensurvei bangunan anda dan mereka akan membuat rancangan atap dengan menggunakan software khusus yang hasilnya lebih akurat
Konstruksi atap baja ringan ini tidak membutuhkan konstruksi tambahan karena bobotnya lebih ringan dari material kayu, sehingga struktur rumah anda sudah cukup kuat untuk menahan beban atap tersebut. Hanya ada sedikit catatan untuk material penutup atap atau genteng yang akan digunakan, karena semakin berat jenis genteng yang digunakan, maka jarak antar rangka kuda-kudanya semakin rapat sehingga beban atap pun akan semakin berat.
Kekurangan lain dari material ini karena sistem rangkanya yang cukup rumit terlihat kurang menarik untuk diekspos tidak seperti halnya kayu. Juga tidak sefleksibel kayu untuk dipotong dan dibentuk profilnya sehingga konstruksi ini jarang digunakan untuk bangunan-bangunan berlanggam tradisional. Selain itu karena kekuatannya merupakan jaringan yang saling mempengaruhi satu sama lain, maka desain, perhitungan dan aplikasinya harus benar-benar akurat karena kelemahan di satu sisi akan mempengaruhi seluruh konstruksi atap.
Sedikit masukan yang dapat menjadi acuan dalam merenovasi atap rumah anda, saat ini solusi yang paling tepat untuk mengatasi kontruksi atap yang berat dengan biaya yang terjangkau adalah dengan menggunakan konstruksi atap baja ringan dan penutup atap genteng metal. Di luar negeri sudah ditemukan beberapa alternatif penutup atap yang lebih ringan lagi seperti atap berbahan serat fiber, lateks dan sebagainya tetapi belum berkembang di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, insya Allah akan ditemukan solusi-solusi lain yang lebih tepat guna di masa yang akan datang

Mengenal Alat Sambung Profil Aluminum, Pintu Jendela Aluminium

Untuk mengerjakan suatu konstruksi aluminium diperlukan alat sambung dalam pekerjaan konstruksi aluminium untuk bangunan gedung seperti kusen, daun pintu / jendela, dan sebagainya pada umumnya menggunakan alat sambung berupa  paku keling rivet atau baut sekerup.
Untuk konstruksi aluminium dengan dinding atau beton maka diperlukan fiser dari bahan plastik yang ditanam dalam tembok atau beton.
Fiser ditanam setelah bidang tembok atau beton dilubangi dengan bor beton.
Setelah fiser ditanam maka konstruksi aluminium dapat ditempelkan dengan cara disekerupkan pada fiser tersebut. 
Paku keling rivet terdapat dalam beberapa macam ukuran diameter (d), pajang paku (L) juga terdapat beberapa macam. 
Namun yang banyak digunakan adalah paku keling rivet dengan dimeter 3 mm panjang 10 mm. Untuk pemasangan engsel-engsel pintu  maka digunakan diameter yang lebih besar.
Sedangkan diameter tangkai rivet juga terdapat dalam beberapa ukuran tergantung diameter paku kelingnya, contoh ;
  • untuk paku keling diameter 3 mm tangkai rivetnya berdiameter 1½  mm,
  • sedang untuk paku keling   dimeter 5 mm tangkai rivetnya berdiameter 2 mm.
Pada ujung tangkai rivet terdapat kepala yang berfungsi sebagai penekan paku keling pada saat  pengelingan rivet berlangsung, sedangkan ujung tangkai lainnya  sepanjang  ±  30 mm dimasukkan ke dalam alat rivet untuk dijepit dan ditarik sehingga kepala tangkai menekan paku keling dilakukan berulang-ulang hingga tangkai putus di bagian leher dan ujung paku membengkak dan mengancing sambungan dengan kuat.
 

 Baut sekerup ada 2 ( dua ) macam :
  1. Baut sekerup dengan ulir penuh sepanjang batang (sepanjang L). Baut ini jenis inilah yang sering digunakan untuk penyambungan batang aluminium. Terdapat berbagai macam ukuran diameter dengan panjang yang bervariasi, namun yang umum digunakan adalah  baut dengan panjang ½ ” dan ¾ ” dengan diameter  ± 3 mm.
  2. Baut  sekerup dengan ulir sepanjang 2/3 dari panjang baut (sepanjang 2/3 L). Baut ini biasanya dipakai untuk pemasangan konstruksi aluminium (misalnya kusen) menempel pada dinding tembok atau beton, juga untuk memasang engsel daun pintu.
  3. Untuk pemasangan baut sekerup pada tembok atau beton maka diperlukan alat tambahan yang disebut Fiser, Fiser terbuat dari bahan plastik. Tembok atau beton yang akan disekerup dilubangi terlebih dahulu dengan mesin bor beton, setelah itu fiser dimasukkan kedalam lubang tersebut. Pemasangan baut sekerup dikenakan pada fiser tersebut hingga mengancing dengan kuat.
Adapun bentuk fiser adalah sebagai berikut :


Sumber :
Modul keahlian teknik bangunan SMK Departemen Pendidikan Nasional th. 2002 dengan judul “Membuat Sambungan Batang Aluminium Dengan Paku Keling Rivet dan Baut Sekerup”

Contoh Disain Rumah: RUMAH TIPE 48 DENGAN 2 KAMAR TIDUR

Perspektif tipe 48
Rumah dengan luas lantai 48 m2 ini dibangun diatas tanah berukuran 9 m x 15,5 m. Memiliki 2 buah kamar tidur dengan 1 kamar mandi.

Penyekat atau pembatas ruangan antara ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan serta dapur pada rumah ini sengaja dihilangkan. Selain untuk menghemat biaya pembangunannya, juga memanfaatkan kesan luas yang didapat dari tindakan tersebut.

Denah tipe 48

Artikel: CARA MENENTUKAN AC YANG TEPAT UNTUK KAMAR TIDUR

Pilihlah kapasitas AC sesuai besaran ruang kamar tidur anda. Lihat juga fiturnya, karena setiap merk AC mempunyai fitur yang berbeda. Selain itu kebutuhan konsumsi daya listriknya pun harus diperhatikan. Untuk melakukan penghematan pilih AC yang konsumsi listriknya lebih rendah.
Bermacam bentuk AC  yang diproduksi, bentuknya sudah menjadi bagian interior tersendiri di kamar anda.




Saat membeli AC berilah data ukuran kamar yang benar kepada salesnya karena ini menentukan kapasitas AC yang tepat untuk ruangan tersebut. Sebab jika dipasang AC yang terlalu besar akan boros energi dan terlalu dingin. Sebaliknya bila ukuran AC nya terlalu kecil, AC ini tidak akan mampu mendinginkan seluruh ruangan. Pada akhirnya suhu AC dipasang sangat rendah dan akan boros energi juga.
Ini cara menentukannya. Untuk mendapatkan suhu kamar tidur antara 23°C – 25°C dibutuhkan kapasitas pendingin 500 BTU/h/m2 pada siang hari, sedangkan pada malam hari memerlukan 350 BTU/h/m2 diasumsikan ketinggian plafond kamar tidur 3 meter. BTU adalah satuan energi singkatan dari British Thermal Unit yang merupakan satuan yang digunakan seberapa besar panas yang dapat dikeluarkan dari suatu ruang dalam waktu satu jam.

Jika kamar tidur anda berukuran 4 x 5 m, maka luasnya = 20 m2.
Energi yang dibutuhkan untuk ruangan itu pada siang hari adalah: Luas x 500 BTU/h/m2
= 20 m2 x 500 BTU/h/m2
= 10.000 BTU/h
Energi yang dibutuhkan untuk ruangan itu pada malam hari adalah: Luas x 350 BTU/h/m2
= 20 m2 x 350 BTU/h/m2
= 7.000 BTU/h

Berdasarkan hasil yang di atas AC yang anda perlukan adalah yang memiliki kapasitas 10.000 BTU, atau sering disebut juga 1 PK. Untuk mengetahui nilai BTU atau nilai PK ini dapat anda lihat melalui brosur, kemasan ataupun pada AC itu sendiri.

Perkembangan teknologi AC sekarang sangat konsern terhadap program hemat energi. Yang perlu anda perhatikan adalah kesesuaian kapasitas AC tersebut dengan kamar tidur anda.

Artiker: WALLPAPER PENGHANGAT SUASANA KAMAR TIDUR

Konon asal muasal penggunaan wallpaper ini berawal dari kebiasaan para bangsawan di abad pertengahan menggantungkan permadani pada dinding ruangan rumah mereka. Pada saat itu maksud mereka menggantung permadani-permadani besar itu pada dinding ruangannya selain untuk menambah warna atau menyemarakkan suasana ruangan juga berfungsi benar-benar sebagai penghangat ruangan karena diyakini bahwa permadani itu mampu menahan panas dalam ruangan.
 Contoh di atas adalah wallpaper zaman dulu (sumber wikipedia)

Karena harga permadani terlalu mahal dan hanya orang yang kaya saja yang bisa melakukannya maka dibuatlah material penghias dinding ini dengan bahan dasar kertas yang sekarang dikenal dengan wallpaper atau kertas dinding. Pada awal kemunculannya motif wallpaper hampir mirip dengan motif atau lukisan yang terdapat pada permadani. Sehingga dibutuhkan keahlian pelukis-pelukis saat itu untuk mendesain wallpaper.

Sekarang ini motif, corak dan warna wallpaper sangat beragam. Boleh dikatakan apapun yang anda inginkan sekarang ini ada. Mulai dari yang polos sampai yang berteksturpun ada.


Contoh wallpaper saat ini (sumber wallpaperstogo)

Selain mampu sebagai penghangat suasana pada kamar tidur, wallpaper mampu menutupi cacat dinding kamar anda misalnya dinding kurang rata atau retak rambut (bagi orang yang perfeksionis ini sangat mengganggu).
Lebih lagi saat ini dengan kemampuan teknologi yang memungkinkan untuk membuat dekoratif dinding ruang ini tidak hanya terbatas dari bahan kertas saja. Jika dahulu bahannya permadani, sekarang selain dari kertas bahan untuk menyemarak suasana ruang tidur anda juga terbuat dari vinyl, fabric, daun kering, batu artifisial dan kerang. Sehingga sebutan wallpaper mulai bergeser menjadi wallcover.

Artikel: PLAFON

Kata plafon berasal dari kata plafond (bahasa Perancis), yang berarti langit-langit. Ceiling (bahasa Inggris) istilah yang lebih sering digunakan dalam pekerjaan bangunan. Langit-langit (ceiling atau plafon) adalah permukaan interior bagian atas sebuah ruangan.
Penggunaan plafon awalnya hanya bertujuan untuk menutupi struktur bagian atas sebuah ruangan, baik itu struktur beton lantai atas ataupun rangka kuda-kuda atap. Namun sekarang ini, penggunaan plafon juga mempunyai peranan penting dalam mendesain sebuah ruangan. Sangat erat kaitannya dengan penataan cahaya (penataan lampu).
Para designer pun selalu menggunakan unsur ini dalam merancang sebuah kamar tidur. Aneka macam materialpun sudah mendukung untuk membentuk plafon yang diinginkan, mulai dari triplek, gypsum, lambersering dan aluminium (sering untuk bagian luar). Penanganan finishingnya juga beragam, ada yang menggunakan cat, meng-ekspos dengan cara hanya melapisi coating atau cat impra, dan bahkan melukisnya. Semua tergantung selera dan kemampuan penggunanya…
Pada desain kamar tidur ini menunjukkan begitu dominannya peranan plafon pada ruangan ini. Cekukan plafon pada dinding bahagian jendela dimanfaatkan sebagai penutup rail gorden. Penempatan lampu untuk pencahayaan memanfaatkan pola desain plafon. Pemilihan warna dan material serta desain antara langit-langit, dinding dan lantai memberikan kesan yang menyatu, apik dan elegan.

Photo diambil dari: gharexpert

Contoh Kamar Tidur: PINK SELALU JADI FAVORIT

Hampir bisa dipastikan, jika diajukan pertanyaan kepada anak gadis anda tentang warna apa yang ia mau untuk kamar tidurnya, mereka akan memilih warna pink.

Memang warna merah jambu ini identik dengan wanita atau lebih sering dikaitkan dengan hal yang feminin. Jika sudah demikian, pastikan anda melakukannya dengan tepat. Sebaiknya jangan semua sisi dinding kamar tidur dicat dengan warna itu, bisa-bisa nanti akan menimbulkan kesan panas. Kalaupun terpaksa, kombinasikanlah dengan warna yang lebih muda. Penerapan warna putih pada elemen kamar tidur lainnya sangat disarankan.

Contoh Kamar Tidur: POSISI DAN BENTUK JENDELA KAMAR TIDUR

Penempatan posisi jendela dan bentuk jendela dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan-pertimbangan diantaranya:
  1. Posisi jendela disesuaikan dengan penetrasi cahaya pada siang hari. Jika bentuk jendela yang tinggi akan memberikan penetrasi cahaya yang baik ke dalam ruangan. Jendela yang memanjang horizontal akan memberikan penyebaran cahaya yang baik ke arah samping terutama di dekat jendela itu sendiri.
  2. Posisi jendela disesuaikan dengan pemandangan ke luar dan jenis aktivitas. Jika terdapat pemandangan yang baik, maka bentuk jendela dapat dibuat sampai garis lantai sehingga dapat menghasilkan manfaat penuh dari pemandangan tersebut.
  3. Posisi dan bentuk jendela berdasarkan pengaman dan kemudahan untuk perawatan jendela itu sendiri. Bentuk jendela yang simple akan lebih memudahkan untuk perawatannya.
Pada gambar ini terlihat bahwa arsiteknya sangat memperhitungkan pertimbangan di atas dalam menentukan posisi dan bentuk jendela kamar tidur yang dirancangnya. Memilih jendela yang tinggi, jelas keinginan sang arsitek untuk mengharapkan penetrasi cahaya ke dalam ruangan sangat tercapai. Kemudian membuat jendela tinggi tersusun secara horizontal juga menjadikan penyebaran cahaya jadi merata. Dan yang terakhir membuat bukaan jendela sampai ke garis lantai sehingga pemandangan yang indah di luar kamar tidur ini dapat dinikmati secara maksimal oleh penghuninya

Contoh Kamar Tidur: KAMAR TIDUR WARNA UNGU-PUN JADI FAVORIT SI GADIS

Sesuai dengan karakter warna ungu yang dominan, kontras atau komplementer dibutuhkan suatu keahlian untuk mengaplikasikannya pada kamar tidur. Penempatan tempat tidur dengan warna putih pada bidang dinding warna ungu menunjukkan center point kamar tidur ini.

Keahlian penggradasian warna (turunan warna) tercermin pada kamar tidur ini. Mulai dari lemari, head tempat tidur dan meja nakas, designernya pengaplikasikan warna ungu dengan tingkat kekuatan warna yang berbeda yang kemudian ditegaskan dengan warna dasar putih.

Penempatan lukisan dengan background ungu muda pada dinding. Bed cover dan warna bantal pun dipilih warna ungu muda yang spektrumnya berbeda-beda. Tak salah maka kamar tidur ungu inipun bisa menjadi favorit bagi anak perempuan anda.

Photo diambil dari: bedroomdesign

Contoh Plafon: PLAFON DENGAN MOTIF KLASIK YANG MENARIK

Inovasi terhadap material bahan bangunan memang tidak pernah berhenti. Tujuannya tak lain adalah berusaha memenuhi segala keinginan konsumen. Seperti halnya juga dengan plafon dimana yang selama ini biasa kita temui material plafon adalah triplek, kayu (lambersering), gypsum, aluminium, fiberglas dan eternit (yang satu ini jarang digunakan, karena konon dikabari mengandung asbes yang bisa mengganggu kesehatan).
Saat ini ada yang disebut 'tin ceiling' yakni plafon yang dibuat dari sejenis metal tipis yang dipress dengan berbagai macam potif yang diinginkan. Keunggulan jenis plafon ini jelas sangat tahan lama, anti air dan anti rayap.
Bagi penggemar rumah yang bergaya klasik akan terakomodasi keinginannya dengan plafon jenis ini. Sangat banyak pilihan motifnya dan apalagi jika pandai mengkombinasikannya dengan bahan atau material lain sehingga penampilan plafon rumah akan jadi lebih elegan.
Plafon diatas adalah merupakan kombinasi antara tin ceiling, gypsum dan kayu. Mengedepankan tin ceiling sebagai unsur klasik yang ditampilkan dan menggunakan kayu sebagai pembungkus balok untuk mempertegasnya serta memanfaatkan gypsum agar tampilan plafon tidak monoton.


Contoh gambar diambil dari: Gharexpert

Contoh Plafon: KOMBINASI PLAFON GYPSUM DAN KAYU

Menggunakan beberapa jenis material plafon menjadi alternatif yang cukup menarik untuk diterapkan pada rumah anda. Seperti pada gambar berikut dimana pada bagian dalam plafon digunakan material berunsur kayu sedangkan pada drop ceilingnya menggunakan gypsum. Paduan dua material ini saja sudah memberikan nilai artistik tersendiri sehingga tidak perlu menambahkan ornamen lainnya.


Contoh gambar diambil dari: Gharexpert





Contoh Plafon: DROP CEILING GYPSUM

Menentukan jenis atau bentuk plafon yang akan diterapkan pada rumah anda sebaiknya dilakukan dengan cermat. Hal ini dilakukan agar plafon yang dipasang nanti benar-benar cocok dengan ruangan di bawahnya. 
Saat ini sangat beragam bentuk dan keinginan orang terhadap plafon rumahnya. Plafon minimalis dengan konsep drop ceiling (bertingkat) sangat banyak diminati. Namun ada juga yang tidak menyukainya (terlalu kaku, katanya) atau sudah lumrah.
Ada cara lain yang mungkin bisa menjadikan plafon drop ceiling terlihat sedikit klasik. Dengan membentuk pola pada bagian dalam plafon serta menambahkan dengan les profil dan beding, akan sendirinya menghilangkan kesan minimalis yang kaku. Ditambah lagi dengan menambahkan lampu chandelier di tengah plafon tersebut.


Contoh gambar diambil dari: Gharexpert

Shortcut SketchUp

Kali ini akan ulas sedikit mengenai tombol - tombol pada keyboard sebagai tombol pintas guna mengoptimalkan kinerja kita menggunakan SketchUp. Untuk tombol pintas yang disediakan tiap perintah, detailnya bisa dilihat pada menu : Window - Preference - pilih shortcut. Pada kotak dialog yang ada, dapat dilihat sekumpulan perintah yang disediakan SketchUp, dan bisa di atur sendiri tombol pintasnya.