.

Search This Blog

Loading...

Produk baru: Rumah minimalis 2 lantai




Rumah tinggal minimalis 2 lantai ini di desain oleh rekanan bangun rumah konsultan, yaitu Bevilia, M.Ars. seorang arsitek lulusan S2 Universitas Katolik Parahyangan. Rumah di desain sedemikian rupa sehingga pencahayaan dan sirkulasi udaranya bisa dirasakan dengan baik untuk semua ruangannya. Dengan luas bangunan ± 123 m2, rumah ini memiliki 3 KT dan 1 KT pembantu, dimana service area dan private area memiliki akses sendiri untuk kenyamanan pemilik rumah.

Ruangan:

Ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, KT utama (KM dalam + ward drobe), 2 KT anak, ruang cuci + jemur, Kt pembantu, KM pembantu, dan carport.

Berikut spesifikasinya:

Pondasi : Telapak dan lajur (batu kali)

Struktur : beton bertulang

Dinding : bata merah

Elektrikal : kabel eternal dan saklar-stop kontak brocco

Keramik : 50 x 50 keramik roman

Kusen : aluminium dan kayu kamper samarinda

Sanitary : Toto

Rangka atap : baja ringan

Penutup atap : zinc alume

Batu hias : andesit

Cat dinding : Jotun

Untuk pemesanan silahkan klik disini

Selamat bangun rumah!

Contoh Desain Kamar Mandi 1: MODERN DAN LUAS

Penataan letak asesoris yang tepat serta memanfaatkan ruang di tengah-tengah kamar mandi dengan membuat dinding pembatas yang langsung berfungsi sebagai dudukan kloset (type wall closet) yang berbelakangan dengan shower.
Desain plafon dan penataan lampu juga mempengaruhi kamar mandi ini.



Sumber diambil dari: DAS HAUS

Artikel Desain Rumah 4: RUMAH BERTINGKAT TIDAK MESTI MAHAL

Memiliki rumah bertingkat tidak selalu mengeluarkan biaya yang mahal. Kenapa demikian...? Wajar pertanyaan ini muncul sebab yang terbayangkan dalam pikiran anda adalah pada rumah bertingkat yang sering anda lihat jelas membutuhkan material bangunan yang banyak. Sedikit melawan arus, karena anda akan membangun rumah bertingkat tidak seperti biasanya kebanyakan orang di Indonesia membangun rumah bertingkatnya. Rumah bertingkat yang biasa kita temui sekarang adalah rumah bertingkat yang plat lantai 2 nya terbuat dari cor beton bertulang yang mempunyai jarak floor to floor nya minimal 4.00 meter dan ring balok atau dag betonnya berjarak + 3.00 meter dari lantai 2 tersebut. Sedangkan rumah bertingkat akan anda disain/bangun adalah jarak floor to floornya cukup 3.20 meter dan ring balok pada lantai 2 berjarak + 1.50 meter. Kita memanfaatkan ruang yang terbentuk dari kemiringan atap sehingga segala sesuatu yang kita buat akan efisien. Mungkin masih ingat dalam ingatan kita beberapa waktu lalu sempat menjadi trend disain rumah yang plafonnya mengikuti atap. Tujuan utama dari disain ini bagaimana mewujudkan suhu yang nyaman didalam rumah sehingga dibuatlah plafon yang tinggi dan mengikuti kemiringan atap. Namun trend ini bisa dikatakan hilang karena timbul suatu masalah susahnya perawatan dan betapa repotnya mengganti bola lampu yang rusak. Disain rumah bertingkat yang akan kita lakukan memanfaatkan ruang yang terbentuk karena kemiringan atap dan supaya bisa tercipta ruang yang cukup lega dilantai atas kita menaikkan ring balok paling luar lebih kurang 1.50 meter.
Lihat gambar:


Pada gambar kelihatan bahwa banyak bagian yang kita hemat dan seluruh ruang yang terbentuk kita manfaatkan. Jika di desain dengan tepat maka tentu biayanya tidak akan begitu mahal.
Dalam ilustrasi gambar diatas akan timbul berbagai pertanyaan yang akan kita bahas satu persatu.

1. Apakah ruangan di lantai dasar nyaman?
Banyak orang melontarkan pertanyaan ini, karena mereka melihat jarak floor to floor nya hanya 3.20 meter dan sudah tentu plafonnya akan rendah pula.
Jawabannya:
Jika ditinjau dari kenyamanan suhu, pada rumah bertingkat suhu pada lantai dasar jelas lebih sejuk dibanding lantai atas karena sudah terhalang oleh lantai atasnya. Ketinggian plafon 2.80 meter bukanlah plafon yang rendah jika dibandingkan dengan tubuh masyarakat Indonesia yang rata-rata mempunyai tinggi badan 170 cm. Pernahkan terperhatikan oleh anda bahwa ketinggian plafon di kamar hotel atau pun koridornya? Rata-rata hanya 2.80 meter. Nyaman bukan? Dan pada era 80-an, disain rumah kita pada umumnya mempunyai plafon yang ketinggiannya sedemikian juga.

2. Bagaimana solusi untuk ruang lantai atas supaya nyaman?
Timbulnya pertanyaan seperti ini karena melihat dari gambar diatas, karena kelihatan plafonnya rendah dan tentu akan terasa panas...
Untuk membahas pertanyaan ini ada baiknya kita melihat dulu fungsi ruang lantai atas. Dari disain yang kami anjurkan fungsi lantai atas diperuntukan untuk kamar tidur.
Pemilihan material yang tepat untuk bahan penutup atap merupakan tindakan yang paling tepat untuk mewujudkan ruang lantai atas menjadi nyaman. Kami menyarankan untuk menggunakan material atap genteng keramik, karena genteng keramik sangat efisien untuk meredam panas matahari. Selain itu genteng keramik juga bisa meredam bunyi hujan deras dan ini sangat jauh bedanya apabila anda menggunakan material atap yang berbahan metal atau zincalum. Untuk mendapatkan estetika ada baiknya anda mengunakan genteng keramik datar. Memang investasinya agak lebih besar daripada genteng keramik biasa, namun jika anda betul-betul mendisain rumah tinggal anda dengan baik dan benar maka nilai investasi yang anda tanamkan ke rumah anda akan terbayar oleh rasa nyaman dan kepuasan terhadap apa yang anda miliki. Dan ada satu hal yang kadang sering kita lupakan bahwa mayoritas penduduk di Indonesia untuk kamar tidurnya hampir dipastikan memakai Air Conditioner (AC). Nah.., dengan mengikuti disain diatas ditambah penggunaan material atap yang tepat maka akan lebih meringankan kerja kompresor AC secara otomatis kedepannya anda sudah melakukan penghematan.

3. Konstruksi seperti apa yang diterapkan supaya rumah bertingkat aman dan tidak mahal?
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik anda mengunakan konstruksi kayu. Dengan artikata nantinya lantai atas rumah anda adalah lantai kayu pabrikasi. Banyak orang berpendapat bahwa konstruksi kayu itu jauh lebih mahal daripada beton bertulang. Jawabannya bisa tidak, apabila anda melihat secara keseluruhan rumah anda tersebut. Sebagai contoh;
  • Pondasi yang anda terapkan pada rumah anda jelas jauh lebih murah dari pada pondasi yang digunakan pada rumah bertingkat beton bertulang. Mungkin anda masih ingat dengan pondasi rumah panggung atau rumah tradisional yang hanya menggunakan pondasi umpak / sandi. Pada prinsipnya apabila bangunan anda sudah berdiri diatas tanah keras dijamin rumah anda tidak akan terbenam.
  • Jika anda menggunakan lantai kayu pabrikasi pada lantai atas, maka anda sudah menghemat biaya plafon untuk lantai dasar. Anda tidak perlu ragu atas kemungkinan air merembes dari lantai atas, karena lantai kayu pabrikasi sekarang ini sudah dibuat dengan teknologi yang canggih demikian juga dengan sistim pemasangan serta finishingnya yang diperkirakan tidak ada kemungkinan bocor.
  • Penghematan pada sanitasi. Karena untuk meletakkan posisi kamar mandi pada lantai atas harus tepat berada pada posisi kamar mandi lantai bawah.

Contoh Desain Kamar Mandi 2: BERSIH DAN NYAMAN

Tidak selalu image terhadap kamar mandi itu adalah sebuah ruangan yang lembab dan tertutup.
Apabila di disain dengan cermat dan teliti, kamar mandi akan menjadi suatu ruangan yang bersih dan nyaman.
Dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti; ukuran (luas), sirkulasi udara dan pencahayaan serta memilih material (asesoris) yang tepat.
Sangatlah disayangkan jika anda membangun sebuah rumah yang bisa dikatakan cukup besar dan telah mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk asesoris kamar mandi anda, akan tetapi anda tidak mendapatkan sebuah kamar mandi yang nyaman. Padahal pada sebahagian orang ada yang menyatakan bahwa kadang-kadang inspirasi/ide/keputusan sering didapat ketika di kamar mandi. Mungkin orang ini mempunyai suatu kamar mandi yang nyaman.

Artikel Desain Rumah 2: BAGAIMANA CARA MEMBANGUN RUMAH ANDA?

Hal paling utama sekali yang perlu diperhatikan adalah rumah seperti apa yang anda butuhkan? Atau yang lebih dikenal dalam ilmu arsitektur ialah kebutuhan ruang. Siapapun arsiteknya, jika anda bermaksud akan mendisain rumah, pasti anda akan disodorkan pertanyaan-pertanyaan seperti; berapa orang anggota keluarga anda?, apa profesi anda?, apakah selain bekerja di kantor, anda suka menyelesaikannya di rumah? berapa unit kendaraan anda? Yang pada akhirnya si arsitek itu sudah mendapat kesimpulan kebutuhan ruang anda.

Kemudian ketersediaan lahan akan disesuaikan dengan kebutuhan ruang anda tadi. Karena jika anda tidak menyukai rumah bertingkat namun lahan tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ruang anda, niscaya disain rumah anda akan terwujud.

Untuk mewujudkan keinginan anda untuk mempunyai rumah ada tiga cara:
1. Membangun sendiri
2. Beli melalui developer/pengembang
3. Membangun dengan jasa arsitek dan jasa kontraktor

Masing-masing cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan namun demikian keputusan tetap berada di tangan anda.

1. Membangun sendiri
Mayoritas masyarakat kita menempuh jalan ini karena menurut pikiran mereka ini adalah jalan yang paling rendah biayanya daripada point 3 dan selera serta style yang diinginkan lebih terpenuhi dibanding point 2. Namun kondisi ini tidaklah semudah yang dibayangkan karena anda harus menyediakan waktu dan pikiran yang cukup ekstra dalam menangani sendiri rumah yang anda bangun. Katakanlah dalam hal desain rumah anda bisa mencontek desain dari berbagai gambar desain rumah yang banyak anda temui, baik itu dari buku, brosur atau desain rumah teman anda sendiri. Namun untuk mencari mandor, tukang dan pekerja tidaklah sesuatu yang mudah. Karena anda harus tahu kapasitas orang yang anda pakai. Secara kualitas, apakah ia mampu bekerja bagus sehingga rumah yang anda sesuai dengan keinginan anda. Secara kuantitas, ini berhubungan dengan waktu dimana dengan bekerja bagus berapa lamakah waktu yang dibutuhkannya untuk mengerjakannya? Karena semakin lama rumah anda selesai semakin besar biaya yang anda keluarkan.

2. Beli melalui developer/pengembang
Banyaknya developer yang menawarkan berbagai macam bentuk rumah dengan berbagai fasilitas penunjang dan variasi harga yang sangat kompetitif membuat masyarakat cenderung memilih jalan ini. Selain siap dihuni, andapun tidak perlu menyiapkan dana cash terlalu banyak karena untuk kepemilikannya anda bisa menyicil melalui fasilitas bank.
Disarankan dalam menentukan pilihan anda harus mempertimbangkan semaksimal mungkin, apakah rumah yang anda beli itu sudah sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Akan ironis jadinya yang rencana semula anda ingin mengeluarkan sesedikit mungkin akan tetapi setelah anda beli ternyata anda melakukan renovasi pada rumah itu yang biayanya mungkin lebih besar dari uang muka yang anda bayarkan.

3. Membangun dengan jasa arsitek dan jasa kontraktor
Dari segi pembiayaan, langkah inilah yang paling mahal. Namun demikian dengan langkah ini akan lebih memungkinkan apa yang anda harapkan akan lebih bisa tercapai karena selain terencana juga dikerjakan oleh orang yang sudah profesional dibidangnya. Budget dan waktu pelaksanaan bisa diprediksi dari awal. Semuanya itu terikat dalam suatu kontrak yang mempunyai kekuatan hukum. Yang apabila pelaksanaan tidak sesuai dengan desain rumah bisa anda komplain serta jika pelaksanaannya tidak sesuai dengan time schedule-nya kontraktornya bisa kena denda atau pinalti.

Sesuai dengan yang apa yang sudah kita bahas, semuanya tergantung pada keputusan dan kebijakan anda dalam menentukan pilihan.

Artikel Desain Rumah 1: KENALI RUMAH ANDA

Rumah pada dasarnya sama dengan manusia, karena terdiri atas 3 bagian utama yaitu:
Pondasi (kaki), Dinding (badan) dan Atap (kepala)

Pondasi dan Sloof
Pada prinsipnya pondasi adalah sebuah struktur tempat bertumpunya seluruh beban pada bangunan. Bentuk dan ukurannya sangat beragam, tergantung pada lokasi dan besarnya bangunan rumah yang akan dibangun. Namun demikian pondasi yang lazim digunakan untuk rumah tinggal adalah pondasi batukali, pondasi batubata, pondasi sumuran, pondasi plat setempat (untuk rumah bertingkat) dan pondasi umpak/sandi (untuk rumah panggung).

Sloof adalah balok lantai dasar yang terletak diatas pondasi yang berguna untuk mengikat pondasi dan kolom/tiang. Dan ini merupakan kerangka dasar bangunan. Apabila sebuah rumah dilaksanakan secara bertahap maka pekerjaan pondasi dan sloof ini harus dikerjakan dalam satu tahapan, agar pondasi yang dibuat akan langsung menjadi satu kesatuan yang kokoh.

Dinding
Dinding merupakan pembatas antara ruang luar dan ruang dalam sebuah bangunan. Secara visual dinding adalah badan bangunan, dimana akan banyak sekali ornamen/unsur bangunan lain yang terdapat pada dinding ini seperti; pintu, jendela, ventilasi dan lain-lain.
Pada umumnya material dasar yang dipakai untuk membuat dinding bangunan adalah; batubata, batako, hollowbrick, celcon block dan kayu.

Atap
Bagian terpenting yang kadang paling rumit untuk diterapkan secara teorinya. Sering kita jumpai keluhan atap sering bocor, ruangan di dalam rumah panas, tempias air hujan yang mengenai jendela. Ini banyak faktor yang menjadi penyebabnya seperti; penerapan rancangan bentuk atap tidak sesuai terhadap denah rumah, sudut kemiringan atap yang terlalu rendah, material atap yang digunakan, teritisan terlalu pendek.

Artikel Desain Rumah 3: KENYAMANAN SUHU UDARA

Suhu udara yang dibutuhkan untuk ruang yang nyaman sangat tergantung pada jenis kegiatan penghuninya dan jenis pakaian yang dikenakan. Juga tergantung dari percepatan pergerakan udara dan hembusan udara tersebut.
Dalam mendisain rumah tinggal ada bermacam cara yang dipakai untuk mendapatkan suhu udara yang nyaman di dalam rumah. Diantaranya:
Ventilasi
Ventilasi merupakan sarana penghantar udara antara ruang dalam dan ruang luar. Dengan mengalirnya udara dalam ruangan ini akan membuat ruangan menjadi nyaman. Penempatan ventilasi yang tepat menjadi faktor utama untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Jangan menempatkan ventilasi saling berhadap-hadapan, karena udara yang masuk tidak terdistribusi merata ke seluruh ruangan, akan tetapi langsung keluar.

Insulasi Atap dan Ventilasinya

Mengurangi panas di atap akan mempengaruhi suhu ruang yang ada dibawahnya.
Atap sebagai ambang batas pada rumah merupakan bagian yang menerima radiasi panas yang paling besar. Pemakaian bahan insulator akan menghambat panas yang merambat ke ruang bawah atap tersebut. Bahan insulator yang tersedia dipasaran dan yang biasa digunakan adalah aluminium foil dan glass wool.
Sebaiknya ruang bawah atap dilengkapi dengan bukaan agar udara panas tidak terperangkap dibawahnya. Pada masing-masing daerah bentuk dan cara aplikasinya pun beragam, berbentuk bukaan seperti jendela krepyak dan ada yang mensiasati dengan menggunakan kisi-kisi pada plafon teritisan.
Untuk mempercepat pengeluaran udara panas di ruang atap dapat juga menggunakan turbin ventilator. Alat ini berputar tanpa energi listrik, tetapi bekerja berdasarkan perbedaan tekanan udara panas yang secara otomatis menggerakan turbin untuk membuang udara panas.

Plafon Tinggi
Dalam beberapa disain rumah ada yang mensiasati ketinggian plafon dengan cara mendisain plafon dengan mengikuti kemiringan atap. Karena semakin diberi jarak antara plafon dengan lantai, maka akan semakin terasa sejuk ruangan didalamnya. Sebab pada plafon yang tinggi akan memungkinkan udara panas terangkat ke atas dan menarik udara segar ke dalam ruang.

Material dan Sudut Kemiringan Atap
Material masif, seperti dag beton, menyebabkan panas tidak dapat/lebih lambat diteruskan. Hal ini sering dijumpai pada rumah berlantai 2, lantai bawah terasa lebih sejuk daripada lantai atas karena terhalang oleh dag beton lantai atas. Banyak material atap yang bisa dijadikan pilihan diantaranya atap genteng keramik, atap aspal serat bitumen.
Selain dipengaruhi oleh material yang digunakan, panas yang terjadi pada ruangan juga dipengaruhi oleh besar-kecilnya sudut atap yang membentuk bantalan udara. Jika sudut atap terlalu landai, maka radiasi semakin dekat. Akibatnya panas yang diterima oleh atap akan membuat ruang dibawah atap menjadi panas. Bentuk atap yang dapat mengurangi suhu diruang bawah adalah atap pelana.

Material Yang Alami
Semakin banyak menggunakan bahan primer alam seperti kayu, batu alam, dan bata, semakin sejuk udara dalam ruangan.
Mengapa demikian? Bahan-bahan alami seolah memberikan ikatan yang dalam antara bangunan dan alam. Material alami tidak mengalami banyak proses dalam pembuatannya sehingga dapat lebih menyatu dengan alam dibanding material pabrikasi. Material yang ukurannya lebih tebal dapat membantu meredam suhu. Sebab, semakin tebal ukuran material semakin lambat material tersebut menghantarkan panas.

Pemilihan Warna
Permukaan berwarna terang tidak hanya terlihat bersih dan meluaskan pandangan tapi juga tidak menyerap radiasi matahari. Dalam teorinya, warna terang akan memantulkan panas dan warna gelap akan menyerap panas. Ini juga berlaku pada bangunan. Maka, pilihlah warna-warna cerah (putih atau peach/warna yang bercampur putih) untuk cat eksterior rumah.

Teras atau Beranda
Selain digunakan untuk menerima tamu informal, teras juga difungsikan sebagai area peralihan yang dapat menciptakan iklim mikro, baik di dalam rumah maupun disekitarnya. Keberadaan teras menyebabkan tekanan udara di halaman mengembang karena panas dan tekanan udara di teras lebih dingin. Perbedaan tekanan udara tersebut menyebabkan terjadinya aliran udara. Aliran udara tadi akan bersirkulasi ke dalam rumah melalui ventilasi sehingga suhu di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk.

Teritisan
Hal yang tampaknya sepele namun memberikan kontribusi yang cukup signifikan pada bangunan. Karena banyak orang membuat teritisan seadanya saja, sehingga tidak didapat manfaat sama sekali. Semakin lebar teritisan akan semakin sejuk ruangan didalamnya, ini dikarenakan sebelum udara itu masuk ke dalam rumah telah didinginkan dulu di teritisan ini. Dan juga kemungkinan akan kena air tempias hujan sudah tidak ada lagi.

Gallery Rumah 2: RUMAH BERTINGKAT PADA TANAH BERKONTUR









Untuk lokasi yang mempunyai kemiringan tanah yang cukup tajam diperlukan disain rumah yang matang. Jika letak bangunan sejajar dengan kontur, penggunaan depan rumah yang lebar akan mengurangi bagian struktur di bawah bangunan dan mengurangi galian. Hal ini dapat menghemat pembiayaan disamping dapat juga membuat keseimbangan perkiraan antara perlunya hadapan bangunan yang lebar dan besarnya biaya untuk pengadaan utilitas dan pembangunan itu sendiri.


Rumah Kediaman bpk Zulkifli Yusuf, SH, Maret 2004

Tentang Saya


Mizafiyendra, ST
Tamatan Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Bung Hatta Padang - Indonesia Tahun 1997.
Memulai bekerja di bidang arsitektur semenjak masa kuliah dengan bekerja pada perusahaan konsultan CV. Balubuah Corporation tahun 1991 sebagai drafter.
Pada tahun 1993 bekerja sebagai staff teknik pada PT. Alluvia Beka Petra.
Sejak tahun 1997 memutuskan untuk menjadi arsitek independent yang memfokuskan pada rancang bangun rumah tinggal.
Pada tahun 2005 mendirikan perusahaan CV. Dhome Construction.


Saran:
Jika anda ingin membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya anda konsultasi dengan arsitek di kota anda. Percayalah, arsitek itu pasti memberikan yang terbaik untuk anda. 
Dan bagi pembaca yang berada di kota Pekanbaru, silahkan hubungi saya di: 0853 5524 5658